PEDOMAN
PENYUSUNAN USULAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSROOM ACTION RESEARCH)
TAHUN ANGGARAN 2005
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI
2004
2
PANDUAN
PENYUSUNAN USULAN DAN LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSROOM ACTION RESEARCH)
TAHUN ANGGARAN 2005
1. Latar Belakang
Peningkatan mutu pendidikan dapat dicapai melalui berbagai cara,
antara lain: melalui peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan
lainnya, pelatihan dan pendidikan, atau dengan memberikan kesempatan
untuk menyelesaikan masalah-masalah pembelajaran dan nonpembelajaran
secara profesional lewat penelitian tindakan secara terkendali. Upaya
meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan lainnya untuk
menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi saat menjalankan tugasnya
akan memberi dampak positif ganda. Pertama, peningkatan kemampuan
dalam menyelesaikan masalah pendidikan dan pembelajaran yang nyata.
Kedua, peningkatan kualitas isi, masukan, proses, dan hasil belajar. Ketiga,
peningkatan keprofesionalan pendidik dan tenaga kependidikan lainnya.
Keempat, penerapan prinsip pembelajaran berbasis penelitian.
Upaya peningkatan kemampuan meneliti di masa lalu cenderung
dirancang dengan pendekatan research-development-dissemination (RDD).
Pendekatan ini lebih menekankan perencanaan penelitian yang bersifat topdown
dan bersifat kuat orientasi teoritiknya. Paradigma demikian dirasakan
tidak sesuai dengan perkembangan pemikiran baru, khususnya Manajemen
Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS). Pendekatan MPMBS
menitikberatkan pada upaya perbaikan mutu yang inisiatifnya berasal dari
motivasi internal pendidik dan tenaga kependidikan itu sendiri (an effort to
internally initiate endeavor for quality improvement), dan bersifat pragmatis
naturalistik.
MPMBS mengisyaratkan pula adanya kemitraan antar jenjang dan
jenis pendidikan, baik yang bersifat praktis maupun dalam tataran konsep.
Kebutuhan akan kemitraan yang sehat dan produktif, yang dikembangkan
atas prinsip kesetaraan sudah sangat mendesak. Kemitraan yang sehat
antara LPTK dan sekolah adalah sesuatu yang penting, lebih-lebih lagi dalam
era otonomi daerah dan desentralisasi pendidikan. Penelitianpun hendaknya
dikelola berdasarkan atas dasar kemitraan yang sehat (kolaboratif), sehingga
kedua belah pihak dapat memetik manfaat secara timbal balik (reciprocity of
benefits).
Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) masalah-masalah pendidikan
dan pembelajaran dapat dikaji, ditingkatkan dan dituntaskan, sehingga
proses pendidikan dan pembelajaran yang inovatif dan hasil belajar yang
lebih baik, dapat diwujudkan secara sistematis. Upaya PTK diharapkan dapat
menciptakan sebuah budaya belajar (learning culture) di kalangan dosen di
LPTK, dan guru-siswa di sekolah. PTK menawarkan peluang sebagai strategi
pengembangan kinerja, sebab pendekatan penelitian ini menempatkan
pendidik dan tenaga kependidikan lainnya sebagai peneliti, sebagai agen
perubahan yang pola kerjanya bersifat kolaboratif.
3
2. Tujuan
a. Meningkatkan mutu isi, masukan, proses, dan hasil pendidikan dan
pembelajaran di sekolah (SD, SMP, SMA dan SMK).
b. Membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya mengatasi masalah
pembelajaran dan pendidikan di dalam dan luar kelas.
c. Meningkatkan sikap profesional pendidik dan tenaga kependidikan.
d. Menumbuh-kembangkan budaya akademik di lingkungan sekolah dan
LPTK, sehingga tercipta sikap proaktif di dalam melakukan perbaikan
mutu pendidikan dan pembelajaran secara berkelanjutan (sustainable).
e. Meningkatkan keterampilan pendidik dan tenaga kependidikan
khususnya di sekolah dalam melakukan PTK.
f. Meningkatkan kerjasama profesional di antara pendidik dan tenaga
kependidikan di sekolah dan LPTK.
3. Bidang Kajian Penelitian Tindakan Kelas
a. Masalah belajar siswa di sekolah (termasuk di dalam tema ini, antara
lain: masalah belajar di kelas, kesalahan-kesalahan pembelajaran,
miskonsepsi).
b. Desain dan strategi pembelajaran di kelas (termasuk dalam tema ini,
antara lain: masalah pengelolaan dan prosedur pembelajaran,
implementasi dan inovasi dalam metode pembelajaran, interaksi di
dalam kelas, partisipasi orangtua dalam proses belajar siswa).
c. Alat bantu, media dan sumber belajar (termasuk dalam tema ini, antara
lain: masalah penggunaan media, perpustakaan, dan sumber belajar di
dalam/luar kelas, peningkatan hubungan antara sekolah dan
masyarakat).
d. Sistem asesmen dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran (termasuk
dalam tema ini, antara lain: masalah evaluasi awal dan hasil
pembelajaran, pengembangan instrumen asesmen berbasis
kompetensi).
e. Pengembangan pribadi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan
lainnya (termasuk dalam tema ini antara lain: peningkatan kemandirian
dan tanggungjawab peserta didik, peningkatan keefektifan hubungan
antara pendidik- peserta didik dan orangtua dalam PBM, peningkatan
konsep diri peserta didik).
f. Masalah kurikulum (termasuk dalam tema ini antara lain: implementasi
KBK, urutan penyajian materi pokok, interaksi guru-siswa, siswa-materi
ajar, dan siswa-lingkungan belajar).
4. Luaran Penelitian Tindakan Kelas
Luaran umum yang diharapkan dihasilkan dari PTK adalah sebuah
peningkatan atau perbaikan (improvement and theraphy), antara lain
sebagai berikut.
a. Peningkatan atau perbaikan terhadap kinerja belajar siswa di sekolah.
b. Peningkatan atau perbaikan terhadap mutu proses pembelajaran di
kelas.
c. Peningkatan atau perbaikan terhadap kualitas penggunaan media, alat
bantu belajar, dan sumber belajar lainnya.
4
d. Peningkatan atau perbaikan terhadap kualitas prosedur dan alat
evaluasi yang digunakan untuk mengukur proses dan hasil belajar siswa.
e. Peningkatan atau perbaikan terhadap masalah-masalah pendidikan anak
di sekolah.
f. Peningkatan dan perbaikan terhadap kualitas penerapan kurikulum dan
pengembangan kompetensi siswa di sekolah.
5. Pengusul Penelitian Tindakan Kelas
a. Semua dosen LPTK (keguruan dan non keguruan) negeri maupun swasta
dari semua program studi yang berkolaborasi dengan guru (SD/MI,
SMP/MTs, SMA/MA, SMK) di sekolah/madrasah.
b. Khusus untuk dosen LPTK non keguruan dapat mengusulkan PTK dengan
catatan mereka harus berkolaborasi dengan guru bidang studi di sekolah.
c. Para dosen LPTK yang tidak sedang terikat Kontrak Kerja Penelitian dengan
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Menristek (dibuktikan dengan
Surat Keterangan dari Lemlit), atau tidak sedang studi lanjut (dibuktikan
dengan Surat Keterangan Dekan).
6. Kolaborasi dalam Penelitian Tindakan Kelas
a. Permasalahan penelitian tindakan kelas harus digali atau didiagnosis secara
kolaboratif dan sistematis oleh dosen dan guru dari masalah yang nyata
dihadapi guru dan/atau siswa di sekolah. Masalah penelitian bukan
dihasilkan dari kajian teoretik atau dari hasil penelitian terdahulu, tetapi
masalah lebih ditekankan pada permasalahan aktual pembelajaran di
kelas.
b. Penelitian ini bersifat kolaboratif, dalam pengertian usulan harus secara
jelas menggambarkan peranan dan intensitas masing-masing anggota
pada setiap kegiatan penelitian yang dilakukan, yaitu: pada saat
mendiagnosis masalah, menyusun usulan, melaksanakan penelitian
(melaksanakan tindakan, observasi, merekam data, evaluasi, dan refleksi),
menganalisis data, menyeminarkan hasil, dan menyusun laporan akhir.
c. Dalam PTK, kedudukan dosen setara dengan guru, dalam arti masingmasing
mempunyai peran dan tanggungjawab yang saling membutuhkan
dan saling melengkapi untuk mencapai tujuan.
7. Jangka Waktu dan Biaya Penelitian
Usulan penelitian disusun untuk kegiatan selama 10 bulan (persiapan
sampai dengan pelaporan hasil). Biaya penelitian untuk setiap usulan
maksimum Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah), yang rinciannya terdiri dari:
a. Honorarium Ketua Peneliti dan anggota (tidak melebihi dari 30% total
biaya usulan).
b. Biaya operasional kegiatan penelitian di sekolah (minimum 30% dari total
biaya).
c. Biaya perjalanan disesuaikan dengan kebutuhan riil di lapangan,
termasuk biaya perjalanan anggota peneliti ke tempat penelitian.
d. Lain-lain pengeluaran (dokumentasi, laporan, photocopy, dan lainnya).
5
8. Kriteria Seleksi
Usulan penelitian akan diseleksi secara ketat oleh Tim Pakar dari
perguruan tinggi yang ditunjuk oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan
Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi (Dit.PPTK dan KPT).
Kriteria evaluasi terhadap usulan penelitian PTK mencakup :
a. Perumusan Masalah (terutama: asal, relevansi, dan cakupan
permasalahan).
b. Cara Pemecahan Masalah (terutama: rancangan tindakan, dan
kontekstualitas tindakan, kriteria keberhasilan sebuah tindakan).
c. Kemanfaatan Hasil Penelitian (terutama: potensi untuk memperbaiki
atau meningkatkan kualitas isi, proses, masukan, atau hasil
pembelajaran dan/atau pendidikan).
d. Prosedur Penelitian (terutama: prosedur diagnosis masalah,
perencanaan tindakan, prosedur pelaksanaan tindakan, prosedur
observasi dan evaluasi, prosedur refleksi hasil penelitian).
e. Kegiatan Pendukung (terutama: jadwal penelitian, sarana pendukung
pembelajaran masing-masing anggota penelitian dalam setiap kegiatan
penelitian, dan kelayakan pembiayaan).
9. Pemantauan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas
Pemantauan terhadap pelaksanaan penelitian akan dilakukan oleh
Tim yang ditunjuk oleh Dit.PPTK dan KPT, Ditjen Dikti menjelang penulisan
laporan akhir penelitian. Pelaksanaan pemantauan akan dikoordinasikan oleh
Lembaga Penelitian masing-masing LPTK sebagai penanggungjawab kontrak
penelitian di perguruan tinggi negeri maupun swasta.
Monitoring akan diselenggarakan dengan mempergunakan Format
Pemantauan Penelitian Tindakan Kelas yang dikeluarkan oleh Dit.PPTK dan
KPT (terlampir).
10. Tata Cara Pengajuan Usulan Penelitian
10.1. Cara Pengajuan Usulan Penelitian
a) Diajukan lewat Lembaga Penelitian, diketahui oleh Kepala Sekolah
yang bersangkutan.
b) Jumlah anggota maksimal 2 (dua) orang dari LPTK dan 3 (tiga)
orang dari guru, atau seorang dosen dari LPTK dan 2 (dua) orang
guru.
c) Masing-masing LPTK maksimal boleh mengajukan 15 usulan
(penyimpangan/kelebihan dari ketentuan ini otomatis akan
mengakibatkan LPTK ybs akan didiskualifikasi).
d) Seleksi awal terhadap usulan dosen dari LPTK dilaksanakan oleh
masing-masing Lemlit dengan memperhatikan secara sungguhsungguh
Panduan Penyusunan Proposal PTK dan Buku Petunjuk
Pelaksanaan PTK yang disusun oleh Dit.PPTK dan KPT. Berita acara
seleksi perlu dilampirkan.
e) Seorang peneliti (dosen/guru) hanya diperbolehkan terlibat dalam
satu PTK atau RII, baik sebagai ketua maupun anggota, sehingga
tidak diperkenankan merangkap.
6
10.2 Usulan dibuat dalam rangkap 3 (tiga) dengan sampul (cover)
berwarna Biru Muda dan dikirimkan ke Direktorat Pembinaan
Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi,
Lt.4, Jalan Pintu 1, Senayan-Jakarta oleh masing-masing LPTK Pengusul.
10.3 Usulan yang tidak memenuhi ketentuan di atas akan didiskualifikasi dan
usulannya tidak diperiksa.
10.4 Usulan penelitian harus sudah diterima di Direktorat Pembinaan
Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi
paling lambat 27 Januari 2005 dalam rangkap 3 (tiga) dengan kertas
HVS ukuran A-4 dan fonts 12 bertipe Times New Roman.
7
Lampiran : A.1 Cover Biru Muda
CONTOH KULIT MUKA USULAN PENELITIAN
USULAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Logo
Perguruan Tinggi
JUDUL PENELITIAN
Oleh :
......................................*)
FAKULTAS ....................................
INSTITUT /UNIVERSITAS ..........
Bulan, Tahun
*) Tuliskan semua nama pengusul lengkap dengan gelar akademik
8
HALAMAN PENGESAHAN
USULAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSROOM ACTION RESEARCH)
1. Judul Penelitian
2. Ketua Penelitian
a. Nama Lengkap dan Gelar
b. Jenis Kelamin
c. Pangkat dan Golongan dan NIP
d. Fakultas/Jurusan
e. Institut/Universitas
f. Alamat rumah:
Nomor telepon/HP:
Email:
3. Jumlah Anggota Peneliti ............... orang
4. Lama Penelitian .................. bulan/dari
bulan .............. sampai
bulan ...................
5. Biaya yang diperlukan
a. Sumber dari Dikti Depdiknas
b. Sumber lain (sebutkan .........),
Jumlah
Rp
Rp
Rp
(.........................................)
..........................................................
Mengetahui
Dekan Fakultas
Cap dan tanda tangan
(....................................)
NIP...............................
Ketua Peneliti,
Tanda tangan
(....................................)
NIP...............................
Menyetujui :
Ketua Lemlit
Cap dan tanda tangan
(....................................)
NIP...............................
9
SISTEMATIKA USULAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSROOM ACTION RESEARCH)
A. JUDUL PENELITIAN
Judul hendaknya singkat dan spesifik tetapi cukup jelas
menggambarkan masalah yang akan diteliti dan tindakan untuk mengatasi
masalahnya.
B. BIDANG KAJIAN
Tuliskan bidang kajian penelitian
C. PENDAHULUAN
Penelitian dilakukan untuk memecahkan permasalahan pendidikan
dan pembelajaran. Kemukakan secara jelas bahwa masalah yang diteliti
merupakan sebuah masalah yang nyata terjadi di sekolah, dan diagnosis
dilakukan oleh guru dan/atau tenaga kependidikan lainnya di sekolah.
Masalah yang akan diteliti merupakan sebuah masalah penting dan mendesak
untuk dipecahkan, serta dapat dilaksanakan dilihat dari segi ketersediaan
waktu, biaya dan daya dukung lainnya yang dapat memperlancar penelitian
tersebut. Setelah diidentifikasi masalah penelitiannya, maka selanjutnya perlu
dianalisis dan dideskripsikan secara cermat akar penyebab dari masalah
tersebut. Penting juga digambarkan situasi kolaboratif antar anggota peneliti
dalam mencari masalah dan akar penyebab munculnya masalah tersebut.
Prosedur yang digunakan dalam identifikasi masalah perlu dikemukakan
secara jelas dan sistematis.
D. PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
1. Perumusan Masalah
Rumuskan masalah penelitian dalam bentuk suatu rumusan penelitian
tindakan kelas. Dalam perumusan masalah dapat dijelaskan definisi,
asumsi, dan lingkup yang menjadi batasan penelitian. Rumusan masalah
sebaiknya menggunakan kalimat tanya dengan mengajukan alternatif
tindakan yang akan dilakukan dan hasil positif yang diantisipasi dengan
mengajukan indikator keberhasilan tindakan, dan cara pengukuran serta
cara mengevaluasinya.
2. Pemecahan Masalah
Uraikan alternatif tindakan yang akan dilakukan untuk memecahkan
masalah. Pendekatan dan konsep yang digunakan untuk menjawab
masalah yang diteliti, hendaknya sesuai dengan kaidah penelitian tindakan
kelas. Cara pemecahan masalah ditentukan berdasarkan pada akar
penyebab permasalahan dalam bentuk tindakan (action) yang jelas dan
terarah.
3. Tujuan Penelitian
Kemukakan secara singkat tentang tujuan penelitian yang ingin dicapai
dengan mendasarkan pada permasalahan yang dikemukakan. Tujuan
umum dan khusus diuraikan dengan jelas, sehingga diukur tingkat
pencapaian keberhasilannya.
4. Kontribusi Hasil Penelitian
Uraikan kontribusi hasil penelitian terhadap kualitas pendidikan dan/atau
pembelajaran, sehingga tampak manfaatnya bagi siswa, guru, maupun
10
komponen pendidikan di sekolah lainnya. Kemukakan inovasi yang akan
dihasilkan dari penelitian ini.
E. KAJIAN PUSTAKA
Uraikan dengan jelas kajian teori dan pustaka yang menumbuhkan
gagasan yang mendasari usulan rancangan penelitian tindakan. Kemukakan
juga teori, temuan dan bahan penelitian lain yang mendukung pilihan
tindakan untuk mengatasi permasalahan penelitian tersebut. Uraian ini
digunakan untuk menyusun kerangka berpikir atau konsep yang akan
digunakan dalam penelitian. Pada bagian akhir dapat dikemukakan hipotesis
tindakan yang menggambarkan indikator keberhasilan tindakan yang
diharapkan/diantisipasi.
F. RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN
Uraikan secara jelas prosedur penelitian yang akan dilakukan.
Kemukakan objek, waktu dan lamanya tindakan, serta lokasi penelitian secara
jelas. Prosedur hendaknya dirinci dari perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi, evaluasi-refleksi, yang bersifat daur ulang atau siklus. Tunjukkan
siklus-siklus kegiatan penelitian dengan menguraikan indikator keberhasilan
yang dicapai dalam setiap siklus sebelum pindah ke siklus lain. Jumlah siklus
diusahakan lebih dari satu siklus, meskipun harus diingat juga jadwal
kegiatan belajar di sekolah. Dalam rencana pelaksanaan tindakan pada setiap
tahapan hendaknya digambarkan peranan dan intensitas kegiatan masingmasing
anggota peneliti, sehingga tampak jelas tingkat dan kualitas
kolaborasi dalam penelitian tersebut.
G. JADWAL PENELITIAN
Buatlah jadwal kegiatan penelitian yang meliputi perencanaan,
persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan hasil penelitian dalam
bentuk Gantt chart. Jadwal kegiatan penelitian disusun selama 10 bulan.
H. BIAYA PENELITIAN
Kemukakan besarnya biaya penelitian secara rinci dengan mengacu
kepada kegiatan penelitian.
Rekapitulasi biaya penelitian:
• Honorarium ketua, anggota maksimal 30%
• Biaya operasional minimal 30 %
• Biaya pembelian ATK maksimal 30%
• Lain-lain pengeluaran 10%
I. PERSONALIA PENELITIAN
Jumlah personalia penelitian maksimal 5 orang, yang terdiri dari :
1 orang Ketua Peneliti (dosen LPTK), 4 orang anggota peneliti yang dapat
terdiri dari 1 orang dosen LPTK dan 3 orang guru dan/atau tenaga
kependidikan lainnya di sekolah, atau 4 orang guru/tenaga kependidikan di
sekolah. Jumlah guru minimal 2 orang dan harus lebih banyak dari jumlah
dosen. Uraikan peran guru, jumlah waktu yang digunakan dalam setiap
bentuk kegiatan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini sekurang-kurangnya
dilakukan oleh 3 orang peneliti, yang 1 orang sebagai Ketua Peneliti (dosen
LPTK) dan 2 orang guru dan/atau tenaga kependidikan lainnya di sekolah.
Rincilah nama personalia tim peneliti, golongan, pangkat, jabatan, dan
11
lembaga tempat tugas, sama dengan yang tercantum dalam Lembar
Pengesahan no.2.
Lampiran-lampiran
1. Daftar Pustaka, yang dituliskan secara konsisten menurut model APA, MLA
atau Turabian.
2. Riwayat Hidup Ketua Peneliti dan Anggota Peneliti (Cantumkan pengalaman
penelitian yang relevan sampai saat ini).
12
Lampiran : A.2 Cover Biru Muda
LAPORAN AKHIR PENELITIAN TINDAKAN KELAS
LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Logo
Perguruan Tinggi
JUDUL PENELITIAN
Oleh :
.....................................*)
dibiayai oleh :
..........................................................................................
Dengan Surat Perjanjian Pelaksanaan Penelitian Nomor
..........................................................................................
Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan
Perguruan Tinggi (PPTK dan KPT)
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Departemen Pendidikan Nasional
FAKULTAS ......................................
INSTITUT/UNIVERSITAS .............
Bulan, Tahun
*) Tuliskan semua nama peneliti lengkap dengan gelar akademik
13
HALAMAN PENGESAHAN
USULAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSROOM ACTION RESEARCH)
1. Judul Penelitian
2. Ketua Penelitian
a. Nama Lengkap dan Gelar
b. Jenis Kelamin
c. Pangkat dan Golongan dan NIP
d. Fakultas/Jurusan
e. Institut/Universitas
f. Alamat rumah:
Nomor telepon/HP:
Email:
3. Jumlah Anggota Peneliti ............... orang
4. Lama Penelitian .................. bulan/dari
bulan .............. sampai
bulan ...................
5. Biaya yang diperlukan
c. Sumber dari Depdiknas
d. Sumber lain (Sebutkan .........)
Jumlah
Rp
Rp
Rp
(.........................................)
.................................................................
Mengetahui
Dekan Fakultas
Cap dan tanda tangan
(....................................)
NIP...............................
Ketua Peneliti,
Tanda tangan
(....................................)
NIP...............................
Menyetujui :
Ketua Lemlit
Cap dan tanda tangan
(....................................)
NIP...............................
14
SISTEMATIKA LAPORAN AKHIR HASIL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSROOM ACTION RESEARCH)
Lembar Judul Penelitian .................................................................................. i
Lembar Indentitas dan Pengesahan ................................................................. ii
Abstrak ............................................................................................................ iii
Daftar Isi ......................................................................................................... vi
Daftar Tabel .................................................................................................... v
Daftar Gambar ................................................................................................. vi
Daftar Lampiran .............................................................................................. vii
I. Pendahuluan ...........................................................................................
II. Kajian Pustaka .......................................................................................
III. Pelaksanaan Penelitian ...........................................................................
IV. Hasil Penelitian dan Pembahasan ..........................................................
V. Simpulan dan Saran ...............................................................................
Daftar Pustaka .................................................................................................
Lampiran:
Instrumen penelitian ........................................................................................
Personalia tenaga peneliti................................................................................
Riwayat hidup masing-masing personalia penelitian ......................................
15
Penjelasan Komponen Pokok Laporan Penelitian Tindakan Kelas
1. Abstrak
Menguraikan dengan ringkas unsur-unsur permasalahan, tujuan, prosedur dan
hasil penelitian
2. Pendahuluan
Memuat unsur latar belakang masalah, data awal tentang permasalahan
pentingnya masalah dipecahkan, identifikasi masalah, analisis dan rumusan
masalah, tujuan dan manfaat penelitian, serta definisi istilah bila dianggap
perlu.
3. Kajian Pustaka
Menguraikan teori terkait dan temuan penelitian yang relevan yang memberi
arah ke pelaksanaan PTK dan usaha peneliti membangun argumen teoritik
bahwa dengan tindakan tertentu dimungkinkan dapat meningkatkan mutu
proses dan hasil pendidikan dan pembelajaran, bukan untuk membuktikan
teori. Bab ini diakhiri dengan pertanyaan penelitian dan/atau hipotesis
tindakan.
4. Pelaksanaan Penelitian
Mengandung unsur: deskripsi lokasi, waktu, mata pelajaran, karakteristik
siswa di sekolah sebagai subjek penelitian. Kejelasan tiap siklus: rancangan,
pelaksanaan, cara pemantauan beserta jenis instrumen, usaha validasi
hipotesis dan cara refleksi. Tindakan yang dilakukan bersifat rasional dan
feasible serta collaborative.
5. Hasil Penelitian dan Pembahasan
Menyajikan uraian masing-masing siklus dengan data lengkap, mulai dari
perencanaan, pelaksanaan pengamatan dan refleksi yang berisi penjelasan
tentang aspek keberhasilan dan kelemahan yang terjadi. Perlu ditambahkan
hal yang mendasar yaitu hasil perubahan (kemajuan) pada diri siswa,
lingkungan, guru sendiri, motivasi dan aktivitas belajar, situasi kelas, hasil
belajar. Kemukakan grafik dan tabel secara optimal, hasil analisis data yang
menunjukkan perubahan yang terjadi disertai pembahasan secara sistematik
dan jelas.
6. Kesimpulan dan Saran
Menyajikan simpulan hasil penelitian (potret kemajuan) sesuai dengan tujuan
penelitian. Berikan saran tindak lanjut berdasarkan pembahasan hasil
penelitian.
7. Daftar Pustaka
Memuat semua sumber pustaka yang digunakan dalam penelitian secara
alphabetis.
8. Lampiran-Lampiran
Memuat instrumen penelitian, personalia tenaga peneliti, riwayat hidup
masing-masing peneliti, data penelitian, dan bukti lain pelaksanaan penelitian.
16
Evaluasi Usulan Penelitian Tindakan Kelas :
Kode Usulan :
Nama Pengusul :
Perguruan Tinggi :
Judul :
Kriteria Penilaian
No Kriteria Acuan Bobot Score Nilai
1 Masalah yang
diteliti
• Masalah nyata, jelas mendesak
• Peneliti berwenang memecahkan
masalah dilihat dari kemampuan,
waktu, sarana, prasarana
• Rumusan masalah jelas
• Identifikasi penyebab masalah jelas
25
2 Cara
pemecahan
masalah
• Menunjukkan akar penyebab
masalah
• Pilihan tindakan untuk memecahkan
masalah dalam bentuk PTK/CAR
10
3 Luaran
Penelitian
• Secara jelas tampak indikator
keberhasilan
• Potensial memperbaiki proses dan
hasil pendidikan/pembelajaran
• Peningkatan kualitas penggunaan
metoda, media, alat dan sumber
belajar
20
4 Orientasi
Penelitian
• Keterkaitan judul, permasalahan,
kajian pustaka, dan metodologi, serta
hasil yang diharapkan
• Permasalahan didukung data yang
aktual
• Orisinalitas penelitian (bukan
merupakan pengulangan)
15
5 Prosedur • Ketepatan dan kejelasan tahapan tiap
siklus
• Kesesuaian dengan langkah PTK
• Mencakup lebih dari satu siklus
• Ketepatan instrumen dan cara
merekam hasil tindakan
20
6 Umum • Judul jelas memperlihatkan masalah
dan tindakan yang akan dilakukan
• Kesesuaian personalia
• Kewajaran biaya dan waktu
penelitian
10
Setiap kriteria diberi skor 1, 2, 4 dan 5
Sangat kurang skor 1
Kurang skor 2
Baik skor 4
Sangat baik skor 5
Lampiran : B1
17
Nilai : Bobot x skor : ..................................................................
Batas Penerimaan (Passing grade) : 350
Hasil penilaian : (Diterima / Ditolak)
Alasan Penolakan : (uraikan secara singkat dan padat)
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
........................................................................…………………………………………………..
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
....................................................................…………………………………………………......
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
..........................................................…………………………………………………................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
...........................................…………………………………………………...............................
.........................., tanggal...................................
Penilai
(........................................................)
18
FORMAT PENILAIAN
HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Nama penelitian :
Perguruan Tinggi :
Bidang Studi :
Judul Penelitian :
KRITERIA PENILAIAN
No Kriteria Aspek yang Dinilai Bobot Score Nilai
A ABSTRAK
Terlihat jelas 3 unsur pokok:
• latar belakang,tujuan,
• prosedur dan
• hasil
5
B PENDAHULUAN
Terlihat unsur-unsur berikut
• Latar belakang (deskripsi
masalah, data awal yang
menunjukkan akar terjadinya
masalah, deskripsi lokasi dan
waktu, pentingnya masalah
dipecahkan)
• Rumusan masalah
• Tujuan
• Manfaat
15
C KAJIAN TEORI/
PUSTAKA • Ada teori-teori terkait yang
memberi arah/petunjuk
kepada pelaksanaan PTK
• Ada usaha-usaha penulis
membangun argumen teoretik
bahwa tindakan tertentu
dimungkinkan bisa
meningkatkan mutu KBM
• Pertanyaan
penelitian/hipotesis tindakan
(kalau perlu)
20
D PELAKSANAAN
PENELITIAN • Deskripsi tahapan siklus
penelitian.
• Penggunaan instrumen, usaha
validasi hipotesis tindakan,
15
Lampiran B2
19
dan cara refleksi
• Tindakan yang dilakukan
bersifat:
o Rasional, artinya
berbasis pada akar
penyebab masalah
o Feasible (dapat
dilaksanakan-tidak
ambisius), artinya
tindakan tersebut
terdukung oleh faktorfaktor
waktu, biaya dan
sarana/pra-sarana
o Collaborative, artinya
dosen memaksimalkan
kerja sama dengan guru
sebagai mitra setara.
• Jumlah siklus lebih dari satu
E HASIL
PENELITIAN
DAN
PEMBAHASAN
Disajikan dalam bentuk siklus
dengan data lengkap:
Siklus I
• Perencanaan: diuraikan
TINDAKAN yang khas yang
dilakukan terlihat bedanya
dengan pembelajaran biasa.
• Pelaksanan: diuraikan
pelaksanaan tindakan
• Pengamatan: disajikan hasil
pengamatan dari berbagai
instrumen. Hasil authentik
disajikan
• Refleksi: berisi penjelasan
tentang aspek keberhasilan
dan kelemahan dan rencana
berikutnya . MENGAPA
BERHASIL (TIDAK), APA
YANG PERLU
DILAKUKAN UNTUK
SIKLUS BERIKUTNYA.
25
Siklus II (idem)
Siklus III (idem)
Perlu ditambahkan hal-hal
yang mendasar berikut ini:
• Disajikan hasil
perubahan (kemajuan)
pada diri peserta didik,
lingkungan dan peneliti
20
• Tabel, grafik/statistik
deskriptif dioptimalkan
• Terdapat analisis data
menyajikan perubahan
pada peserta didik,
lingkungan kelas/sekolah
dan peneliti.
• Triangulasi dioptimalkan
untuk memvalidasi
potret proses dan hasil
perubahan (kemajuan)
• Pembahasan
• Ada ulasan tentang
perubahan yang
dihasilkan dari tiap
siklus dan keseluruhan
siklus
F KESIMPULAN
DAN
REKOMENDASI
• Hasil riset (potret
kemajuan) sesuai dengan
tujuan
• Ada saran untuk riset,
tujuan riset, dan hasil
riset (potret kemajuan)
• Ada saran untuk
penerapan hasil
(suggestion)
10
H DAFTAR
PUSTAKA DAN
LAMPIRAN
• Penulisan sesuai aturan
APA, MLA, Turabian
secara konsisten.
• Kelengkapan lampiran
10
Jumlah Total 100
Setiap kriteria diberi scor : 1. 2. 4. 5.
Kurang sekali : skor 1
Kurang : skor 2
Baik : skor 4
Baik sekali : skor 5
Nilai : Bobot x skor
Jakarta, .................
Penilai
( .............................)
21
Lampiran C. Format Pemantauan PTK
FORMAT PEMANTAUAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSROOM ACTION RESEARCH)
1. a. Perguruan Tinggi
b. Fakultas
c. Jurusan/Program Studi
: …………………………………………………
:…………………………………………………
:…………………………………………………
2. Nama Peneliti
a. Ketua Peneliti
b. Anggota Peneliti
:…………………………………………………
:1…………………………………………………
2…………………………………………………
3…………………………………………………
3. Judul Penelitian ………………………………………………
…………………………………………………
…………………………………………………
4. Biaya Penelitian :Rp………………………………………………
(…………………………………………………)
5. Mitra Penelitian
a. Sekolah
b. Alamat
:…………………………………………………...
:……………………………………………………
…………………………………………………….
6. Pelaksanaan Penelitian
a. Tanggal mulai
b. Tanggal selesai
c. Jumlah kelas yang digunakan
d. Tingkatan kelas
:…………………………………………………
:…………………………………………………
:…………………………………………………
:………………………………………………….
7. Peranan Lemlit di PT
a. Seleksi proposal penelitian
b. Menyelenggarakan seminar proposal
c. Memantau pelaksanaan penelitian
d. Menyelenggarakan seminar hasil
penelitian
e. Menggandakan dan mengirimkan
laporan penelitian
f. Meminta artikel kepada peneliti
g. Memberikan layanan lain, sebutkan…
…………………………………………..
a. Ya/Tidak *)
b. Ya/Tidak *)
c. Ya/Tidak *)
d. Ya/Tidak *)
e. Ya/Tidak *)
f. Ya/Tidak *)
g. Ya/Tidak *)
8. Kesesuaian pelaksanaan penelitian
dengan usul:
Jenis Kesesuaian
a. Mitra Sesuai/Menyimpang *)
b. Bentuk Sesuai/Menyimpang *)
kolaborasi
c. Waktu Sesuai/Menyimpang *)
pelaksanaan
d. Bahan/ Sesuai/Menyimpang *)
Alat/Media
e. Metode yg Sesuai/Menyimpang *)
digunakan
f. Peneliti Sesuai/Menyimpang *)
Kekurangan
:……………………………………………………
:……………………………………………………
:……………………………………………………
:……………………………………………………
:……………………………………………………
:……………………………………………………
22
9. Masalah lain yang dihadapi peneliti
(kesibukan guru, kesibukan dosen,
keadaan peralatan/media,dsb)
…..………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
10 Penilaian umum terhadap pelaksanaan
penelitian
a. Peneliti/Pelaksana:
• Kegiatan di kelas
• Kegiatan di laboratorium
• Komunikasi dengan mitra
b. Temuan/hal yang baru/inovasi dalam
proses penelitian:
c. Keberhasilan yang dicapai:
• Indikasi keberhasilan (prestasi
belajar siswa, motivasi belajar,
sikap,dsb)
• Data pendukung
d. Mitra
• Kondisi sarana/peralatan
• Kontribusi dalam pelaksanaan
penelitian
• Baik/Tidak baik *)
• Baik/Tidak baik *)
• Baik/Tidak baik *)
……………………………………………………
…………………………………………………….
…………………………………………………….
……………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
• Baik/Tidak baik *)
• Baik/Tidak baik *)
11. Rencana tindak lanjut (follow up)
a. Melanjutkan kegiatan penelitian
tindakan kelas
b. Diseminasi kepada guru lain
c. Menulis hasil penelitian menjadi karya
tulis ilmiah
d. Memperbaiki buku ajar
e. Lain, sebutkan…………………………
• Ya/Tidak *)
• Ya/Tidak *)
• Ya/Tidak *)
• Ya/Tidak *)
• ………………………………………………..
12. Rencana publikasi:
a. Peneliti :
b. Guru mitra:
:……………………………………………………
…………………………………………………….
13. Cara pemantauan: [ ] Wawancara
[ ] Peninjauan ke lokasi penelitian
[ ] Melihat data, foto, atau rekaman
[ ] Laporan penelitian
[ ] Lain-lain, sebutkan
14. Kesimpulan umum:
a. Pelaksanaan penelitian telah selesai :
b. Bila belum 100 % selesai, tahapan
penelitian yang akan diselesaikan,
sebutkan:
a…………………%
b………………………………………………….
………………………………………………….
…………………………………………………
15. Gambaran umum dan saran
penyelesaian/ perbaikan penelitian:
……………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
……………………………………………………
………………...............2005
Ketua Lembaga Penelitian Pemantau,
……………………………………,
(…………………………………….) (…………………………………….)
Catatan : *) Coret yang tidak perlu.