DIREKTORAT PEMBINAAN PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN
DAN KETENAGAAN PERGURUAN TINGGI
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
2004 1
PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
Rustam
Mundilarto
Apa itu
Penelitian
Tindakan Kelas?
Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah sebuah
penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri
dengan jalan merancang, melaksanakan, dan
merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif
dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru
sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. PTK
memiliki karakteristik sebagai berikut.
1. Masalah berawal dari guru
2. Tujuannya memperbaiki pembelajaran
3. Metode utama adalah refleksi diri dengan tetap
mengikuti kaidah-kaidah penelitian
4. Fokus penelitian berupa kegiatan pembelajaran
5. Guru bertindak sebagai pengajar dan peneliti.
Mengapa guru dianggap paling tepat untuk
melakukan PTK ?
1. Guru mempunyai otonomi untuk menilai kinerjanya
2. Temuan penelitian tradisional sering sukar diterapkan
untuk memperbaiki pembelajaran
3. Guru merupakan orang yang paling akrab dengan
kelasnya
4. Interaksi guru-siswa berlangsung secara unik
5. Keterlibatan guru dalam berbagai kegiatan inovatif
yang bersifat pengembangan mempersyaratkan guru
untuk mampu melakukan PTK di kelasnya.